Pages

Kamis, 17 November 2011

ANTENA

A.   DEFINISI
Antena digunakan pada komunikasi radio sebagai pelepas energi elektromagnetik ke ruang bebas dan sebagai penerima energi elektromagnetik dari ruang bebas.
Definisi antena sbb :
§  Sebuah divais metal (kawat) untuk meradiasikan atau menerima gelombang radio. (Webster’s Dictionary).
§  Sebuah alat untuk meradiasikan atau menerima gelombang radio.
[IEEE standard definitions of Terms for Antennas (IEEE Transactions on Antennas and Propagation. Vols. AP-17, No 3, May 1969 dan AP-22, No 1, Jan 1974)]
§  Sebuah struktur transisi antara ruang bebas dan sebuah divais terbimbing
§  Transformator antara gelombang terbimbing dengan gelombang bebas atau sebaliknya.


B.   MACAM-MACAM ANTENA
Bentuk dan dimensi antena bermacam-macam, yang dapat dikelompokkan sbb :
a.    Antena kawat, merupakan jenis antena yang paling populer karena sering dilihat sehari-hari – pada kendaraan mobil, gedung, kapal-kapal, pesawat terbang, spacecraft, telepon, TV, dll. 
Bentuk antena kawat bermacam-macam  : linier (dipole, monopole, whip/pecut), loop (sirkular, rektangular, segitiga, elips), dan helix. 

b.    Antena apertur, merupakan jenis antena yang banyak digunakan pada frekuensi tinggi. Biasanya terdapat pada aircraft dan spacecraft karena kemudahannya dalam pemasangannya. 

c.     Antena susunan, merupakan susunan beberapa antena sejenis sedemikian sehingga karakteristik radiasi yang diinginkan dapat diperoleh. 

d.    Antena reflektor, merupakan antena yang cocok digunakan untuk eksplorasi angkasa luar karena gain yang besar sebanding dengan dimensinya. Bentuk reflektor dapat berupa bidang datar, sudut, dan parabola. 

e.    Antena lens. Lensa digunakan terutama untuk mengkolimasi energi elektromagnetik agar tidak tersebar ke arah yang tidak diinginkan. Antena lensa diklasifikasikan berdasarkan bahan konstruksi, atau berdasarkan bentuk geometris.

C.   DAERAH ANTENA
Ruang di sekeliling antena biasanya dibagi dalam 3 daerah:












§  Daerah medan dekat reaktif (daerah antena)
Merupakan daerah dimana medan reaktif sangat dominan. Radius daerah ini adalah:

§  Daerah medan dekat radiasi (daerah Freshnel)
Didefinisikan sebagai daerah medan antena antara medan-dekat reaktif dan daerah medan jauh dimana medan radiasi dominan dan distribusi medan bergantung pada jarak dari antena. Radius daerah Freshnel:

§  Daerah medan jauh (daerah Fraunhofer)
Merupakan daerah medan antena dimana distribusi medan tidak lagi bergantung pada jarak dari antena. Di daerah ini, komponen medan transversal dan distribusi angular tidak bergantung pada jarak radial dimana pengukuran dibuat. Pola radiasi diperoleh dari pengukuran yang dilakukan di daerah ini.

D.   KONSEP SUMBER TITIK

Konsep sumber titik berguna untuk lebih memudahkan perhitungan mengenai daya terima, pada medan jauh / tempat yang jauh. Antena dianggap sebagai sumber titik karena dimensinya adalah jauh lebih kecil dari jarak antara Antenna pengirim dengan titik observasi.

Syarat Antenna sebagai sumber titik :
§  Mempunyai medan jauh transversal.
§  Medan magnet tegak lurus medan listrik.
§  Rapat daya P yang menembus bidang bola observasi mengarah radial keluar semuanya.
§  Dengan ekstrapolasi, semua rapat dayanya berasal dari volume yang sangat kecil atau titik O, tidak bergantung pada dimensi fisiknya.
Definisi sumber titik,
§  Sumber titik adalah titik potong semua rapat daya di tempat jauh
§  Untuk mengetahui distribusi medan/daya di tempat jauh, maka dilakukan pengukuran pada pada jarak R konstan
§  Sumber titik berlaku untuk medan jauh
Pengukuran,
§  Pengukuran medan dan rapat daya, pengukuran pada bola dengan R konstan, dengan titik pusat bola observasi berimpit pada “sumber titik “, dapat dilakukan pada satu titik ukur, tetapi antenanya yang diputar satu lingkaran penuh.
§  Untuk polarisasi eliptik, perlu diukur komponennya (amplitudo dan fasa).
§  Pengukuran fasa perlu M berimpit O, untuk menghindari beda fasa relatif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 Rachman's Blog. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates